Thursday, July 19, 2007

NASIONALISME ALA SEPAKBOLA

Berakhir sudah laga Tim Nasional Sepakbola Indonesia di perhelatan Piala Asia (AFC). Dipertandingan terakhir yang sangat menentukan Tim Nas gagal memetik kemenangan dari Korsel. Sebelumnya Timnas dapat mengguli Bahrain 1-0, dan dikalahkan Arab Saudi 1-2. Jikalau dalam pertandingan terakhir melawan Korsel, Tim Nas mampu membuahkan kemenangan atau minimal bermain seri, maka sejarah akan terukir dimana Tim Nas akan melaju kebabak perempat final Piala Asia.
Pertandingan telah berakhir, keringat para pemain pun telah mengering, hikmah yang membanggakan dari usainya aksi Tim Nas dilapangan adalah rasa cinta yang dalam bangsa Indonesia kepada Tim Nas Sepakbola Indonesia. Sesungguhnya inilah prestasi besar yang telah diukir Tim Sepakbola kita. Meraih kemenangan adalah perkara penting, tetapi meraih jutaan hati orang di negeri ini untuk mendukung, mencintai,sungguh ini adalah keberhasilan dan prestasi yang jauh lebih penting dari sekedar meraih kemengan.Ya Tim Nas telah menang merebut hati bangsa ini.
PSSI sebagai induk yang membidangi sepakbola, tentunya jangan berpuas diri akan ini, terus pelihara kecintaan bangsa ini akan Tim Nas nya dengan sekuat kemampuan memberikan prestasi yang terbaik disetiap laga yang di ikuti.Kecintaan terhadap Tim Nas Sepakbola Indonesia sesungguhnya adalah cermin akan kecintaan rakyat akan Indonesia. Semangat nasionalisme ini terbakar lewat sepakbola. Sepakbola dapat dijadikan simbol untuk menumbuhkan semangat nasionalisme. Dalam sepakbola terdapat banyak filosofi yang dapat dipelajari oleh segenap elemen bangsa ini.Kebersamaan ditengah perbedaan, meraih tujuan tanpa harus meninggalkan jiwa sportifitas, adalah pelajaran yang dapat diterapkan dalam keseharian.
Ayo..bangkitlah sepakbola nasional!
Tunjukan pada dunia bahwa kita mampu dan bisa berprestasi !!!

2 comments:

Anonymous said...

waaaa, udah lama gak diapdet nih bung; smoga sehat2 saja dan bisa kembali lagi aktif menulis...

salam lebaran, mohon maaf lahir batin

Anonymous said...

Hallo Bola Mania...