Friday, March 16, 2007

KEKERASAN SEKS TERHADAP ANAK


Foto by Batavina/Bangaco
Dunia anak: Jangan biarkan anak bersedih, karena dunia anak adalah dunia penuh tawa.

Komnas HAM Perlindungan Anak mengeluarkan data selama medio 2006 - 2007 , dalam setiap bulannya terdapat 17 kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak di Jakarta. ketujuh belas kasus ini melibatkan anak sebagai korban maupun anak sebagai pelakunya.
Kasus terakhir yang mengemuka adalah terjadi pada Kamis 8 Maret 2007 lalu, adalah Muna Nuria (14) diperkosa dan dihabisi nyawanya oleh 2 pelaku yakni Gusti Randa (17) dan Hendra Saputra (15) . Kedua pelaku ini telah ditangkap Polres Jakarta Utara. Kejadian ini membuat dilematis Komnas HAM Perlindungan Anak.Disatu sisi Komnas harus membela kepentingan korban, dan lainnya komnas terbentur untuk melindungi hak kedua pelakunya yang juga masih tergolong ABG itu.
Kejadian ini tergolong sadis karena para pelaku yang masih ABG ini tega menghabisi nyawa sang korban, setelah tewas korban diperkosa secara bergiliran. Hal ini telah diakui kedua pelaku sendiri. Masa depan kedua pelaku ABG ini terbayang suram karena meraka dikenakan pasal 340 KUHP pembunuhan berencana dan pasal subsider pasal 338 tentang pembunuhan tanpa rencana yang diancam humuman mati.

No comments: