Wednesday, March 28, 2007

POPULARITAS SBY - JK MELOROT


Foto by Antara.co.id
LSI (Lembaga Survei Indonesia) mengumumkan hasil jejak pendapat tentang kinerja pemerintahan SBY yang telah memasuki tahun ke tiga. Hasil survey kali ini menunjukan penurunan drastis popularitas Presiden SBY . Tahun 2004 pada masa-masa awal pemerintahan duet SBY – Jk memperoleh angka 80 %, kini 2007 angka yang diperoleh melorot tajam menjadi 49,7 %. Angka dibawah batas psiqologis 50% ini menunjukan tingkat kepuasan publik terendah terhadap kinerja Presiden SBY. Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif LSI Syaiful Muljani di Jakarta kemarin, Selasa 27 Maret 2007.
Survey yang dilakukan LSI memakai metode multistage random sampling, dan digelar pada 15 – 24 Maret 2007 di 33 propinsi di Indonesia dengan jumlah responden sebanyak 1.238 orang dengan margin error 3% pada tingkat kepercayaan 95%.
Berbagai kalangan meyakini, penyebab melorotnya pamor SBY ini dikarenakan beberapa faktor diatarannya, keadaan ekonomi yang belum membaik, bencana alam dan bencana sosial yang dating silih berganti. Penurunan angka yag tajam ini sebaiknya menjadi cambuk duet SBY – JK ini untuk terus memberikan kontribusi positif untuk rakyat sebelum pemerintahannya berakhir pada 2009. Hanya tersisa 2 tahun untuk itu. Jika kinerja SBY – Jk selama sisa waktu pemerintahannya belum menuai hasil yang signifikan bagi kemaslahatan rakyat, resiko untuk semakin tidak popular dipemilu 2009 akan makin nyata. Itu berarti beban berat bagi SBY ataupun JK untuk kembali bertanding diajang pemilu 2009.

No comments: