Friday, March 30, 2007

SUNAT MENCEGAH HIV


Foto by
Sunat: Seorang bocah yang sedang disunat secara tradisional oleh seorang bengkong. Kini peran para bengkong ini telah tergantikan dokter.
Penyebaran virus HIV/AIDS sudah sangat mengkhawatirkan. Hampir selutuh negara di dunia menyatakan perang dengan virus ini. Hingga kini belum ada obat atau vaksin yang dinyatakan ampuh dan terbukti dapat menyembuhkan penyakit ini. Informasi teranyar yang dikeluarkan Badan Kesehatan dunia (WHO) cukup mengejutkan karena WHO merekomendasikan sunat bagi pria sebagai salah satu pencegahan terhadap virus mematikan ini.
Sunat laki-laki mampu mengurangi resiko inveksi HIV melalui hubungan heteroseksual pada laki-laki sebesar 60%. Hal ini diungkapkan Director Departemen HIV/AIDS WHO Dr. kevin De Cock seperti yang dikutip detik.com. Cock juga mengemukakan rekomendasi ini merupakan langkah kemajuan yang signifikan.
Contoh-contoh yang ada menunjukan bahwa sunat laki-laki di Afrika sub-Sahara dapat mencegah 5,7 juta kasus infeksi HIV baru dan 3 juta kematian dalam 20 tahun terakhir.Sementara itu Associate Director Badan Kebijakan Bukti dan Kemitraan UNAIDS mengatakan, sunat saja tidak cukup untuk menagkal virus HIV, harus juga menggunakan berbagai cara perlindungan seperti penggunaan kondom, menunda debut seksual dan mengurangi jumlah pasangan seksual.
Nah... bagi yang belum sunat segerakan saja sunat karena ini adalah bentuk partisipasi dan peran serta dalam memerangi virus HIV, juga bagian dari perlindungan awal dari tertularnya virus ini.


No comments: