Tuesday, April 17, 2007

AS LARANG WARGANNYA NAIK MASKAPAI RI


Foto by Reuters via yahoo.com
Hangus Terbakar: Pesawat Garuda yang hangus terbakar di bandara Adi Sucipto, Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Amerika memang rajin mengeluarkan warning untuk Indonesia. Travel warning bagi wargannya ke Indonesia, sepertinya sudah menjadi langganan. Kali ini warning lain kembali hinggap di tanah air. Kedubes AS memperingati wargannya agar tidak terbang dengan menggunakan pesawat dari maskapai Indonesia. Hal ini terungkap lewat situs resmi Kedutaan Besar AS di Jakarta www.usambassyjakarta.org seperti yang dimuat detik.com. Mudah saja menebak sebab munculnya larangan ini . Adannya musibah kecelakaan pesawat beruntun yang terjadi ditanah air pastilah yang melatar belakangi keluarnnya peringatan ini.
Rasanya peringatan terbang yang dikeluarkan AS ini tidaklah berlebihan, karena memang betul adannya kondisi penerbangan di tanah air sedang sakit.Malah seharusnya Pemerintah juga melakukan hal serupa . Ini semata untuk lebih menekan operator penerbangan agar segera memperbaiki sistem managemen yang mengedapankan faktor keselamatan. Jika operator belum bisa melakukan itu atau masih belum memenuhi standar - standar yang berlaku di dunia penerbanagan internasional mereka dilarang mengoprasikan pesawat. Demi keamanan pemerintah bisa saja melakukan itu atau malah bisa lebih keras lagi.
Peingatan AS ini seharusnya menjadi cambuk bagi operator penerbanagan di Indonesia agar lebih mengkoreksi sistem yang telah mereka janani selama ini. Trauma akan kecelakaan pesawat tentunya akan sulit dihilangkan, untuk itu operator harus segera meminimalkan trauma atau malah menghapuskan trauma agar industri ini bergairan dan sehat kembali.

No comments: