Tuesday, April 10, 2007

JAKARTA KLB DEMAM BERDARAH


Foto by Pikiran-Rakyat.com
DBD: Seorang ibu sedang menunggu anaknya yang mengalami DBD.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menetapkan Jakarta dalam kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah. "Status KLB tersebut sudah ditetapkan beberapa hari lalu karena jumlah penderita terus meningkat," kata Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso di Balai Kota, Senin 9 April 2007.

Menurut Data Dinas Kesehatan Pemda DKI, Perhitungan KLB DBD pada tahun ini, dari hasil rata-rata kasus tertinggi dan kasus terendah selama empat tahun terakhir kasus DBD terjadi sebanyak 3.107, ditambah dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya sebanyak 39 kasus. Jadi angka ambang batas KLB DBD tahun 2007 pada bulan Maret 3.146 kasus. Bulan Maret ini angka sudah 4.406 kasus. Atas dasar perhitungan itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta merekomendasikan kepada Gubernur DKI Jakarta untuk menetapkan satus KLB DBD di ibu kota.
Sedang kan korban meninggal karena DBD menurut data Dinas Kesehatan DKI, sejak 1 Januari hingga 8 April 2007 berjumlah 10.942 pasien. 41 diantaranya meninggal dunia. Rinciannya, bulan Januari sebanyak 2.459 pasien (8 meninggal), Februari sebanyak 3.552 pasien (20 meninggal), Maret 4.406 kasus (12 meninggal), serta bulan April sebanyak 525 pasien (1 meninggal).
Dimusim pancaroba seperti sekarang ini kewaspadaan warga Jakarta haruslah tetap terjaga, karena DBD dapat meyerang siapapun dan ditempat manapun. Salah satu bentuk partisipasi masyarakat adalah dengan menjadi pendonor darah, dipastikan PMI akan mengalami peningkatan permintaan darah untuk menolong para korban DBD.

1 comment:

suwita said...

Saya mau sharing untuk mengatasi demam berdarah silahkan akses situs http://indahnyahidup.com?page_id=166 semoga membantu anda .